Peran Orang Tua Dan Guru Dalam Pembelaran Daring

Pandemi covid-19 belum tahu kapan akan berakhir. Pembelajaran daring adalah solusi untuk mengatasi ketidakadaan pembelajaran tatap muka. Namun, ada banyak kelemahan dalam pembelajaran daring. Guru dan siswa yang tidak bisa bertatap muka langsung adalah suatu kendala selain masalah gadget dan masalah teknis lainya. Meskipun demikian, anak-anak harus tetap belajar, mereka harus terus mendapatkan stimulasi sehingga tujuan pendidikan yang sudah ditetapkan akan tercapai walaupun tidak maksimal. 



Kerjasama antar orang tua dan guru sangat penting dalam suksesnya pembelajaran daring apalagi untuk anak-anak usian dini. Pembelajaran daring tidaklah mudah, berbeda halnya dengan anak usia kelas menengah atau kelas atas. PG TKIT An Nahl Grandwisata melaksanakan pembelajaran daring untuk tetap melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Ada beberapa hal yang kami lakukan agar pembelajaran berjalan dengan sukses

1. Koordinasi dengan orang tua / wali murid


 

Hal ini penting sekali kami lakukan karena tanpa kerjasama antara orang tua dan guru tujuan pendidikan tidak akan tercapai. Dalam keadaan normal pun, jika kerjasama antar orang tua dan guru tidak terjalin dengan baik hasil pendidikan tidak akan maksimal. 


 

Koordinasi yang kami lakukan berupa pemberian informasi, jadwal, serta materi yang akan disampaikan. Selain itu persiapan dan pendampingan orang tua selama proses pendidikan. Kekurangan materi yang disampaikan bisa dilanjutkan dengan siswa melihat video pembelajaran dari youtube official An Nahl. 

2. Guru dibekali dengan persiapan yang matang

Guru harus mempersiapkan segala sesuatu untuk melaksanakan proses pendidikan secara daring. Persiapan administrasi, media belajar dan aktifitas sudah disiapkan sehingga siswa tidak akan bosan. Dalam persiapan pembelajaran daring ternyata muncul ide-ide kreatif sehingga anak-anak tidak bosan ketika belajar. 

3. Informasi persiapan dan jadwal pembelajaran kepada orang tua sehari sebelumnya. 


 

Dengan memanfaatkan WAG orang tua dan guru, informasi persiapan pembelajaran disampaikan sehari sebelumnya sehingga orang tua dalam mendampingi putra-putrinya akan menyiapkan segala peralatan yang dibutuhkan. 

4. Penyadaran kepada orang tua dan siswa tentang kondisi covid-19

Hal ini tidak kalah penting dari yang lainya. Penyadaran kepada orang tua dan siswa bahwa kondisi covid-19 tidak bisa di hindari. Pembelajaran daring adalah cara teraman untuk keselamatan semua baik guru, siswa dan orang tua dari hal-hal yang tidak diinginkan dari kondisi pandemi. 

 

5. Pendampingan 

Pendampingan orang tua sangat penting, karena pembelajar di sekolah kami adalah anak-anak dibawah usia 8 tahun. Memberikan pesan kepada orang tua, bahwa saat belajar anak-anak harus didampingi. Selain memberikan motivasi, pendampingan siswa dilakukan untuk memenuhi keperluan saat anak membutuhkan alat atau media belajar lainya. 

 

Masih banyak hal-hal serta kendala yang kami temui selama menggunakan metode pembelajaran daring. Kami menggunkan google meet, zoom atau video call WA. Untuk menginformasikan link atau metode daring, kami informasikan pagi hari sebelum mulai jam belajar sehingga orang tua atau pendamping menyiapkan gadget yang dibutuhkan. Pandemi covid-19 bukan berarti pembelajaran terhenti, tapi kami tetap memberikan pelayanan dan pembelajaran yang terbaik untuk semua siswa-siswi kami dengan metode yang bisa kami gunakan. Untuk anak berkebutuhan khusus kami memberikan layanan tatap muka terbatas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. 



Comments

Popular Posts

HUBUNGI KAMI

Name

Email *

Message *

Lokasi